ABSTRAKSI
Ricky Pratama (0902015074)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PLANET FUTSAL PT. SENTRA PRIMARAGA JAKARTA.
Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Jakarta.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan planet futsal pt. sentra primaraga jakarta
Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan sebagai variabel
independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen pada planet futsal
pt. sentra primaraga jakarta. Populasi penelitian ini adalah konsumen atau
pelanggan planet futsal di Jakarta selatan. Data penelitian ini bersifat primer yang
dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sampel sebanyak
60 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Dengan bantuan SPSS 17.0. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Accidental Sampling yaitu pelanggan Planet Futsal di Jakarta Selatan.
Berdasarkan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasil = 13,603
+ 0,478X , hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 5,119 > t tabel 2,009 maka tolak
Ho dan terima Ha. Sedangkan angka signifikan sebesar 0,00 < 0,05 maka dengan
demikian dapat dinyatakan ada pengaruh signifikan antara variable kualitas
pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil analisis koefisien korelasi antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan memiliki hubungan positif dan
cukup kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,558. Sedangkan hasil koefisien
determinasi (R²) menunjukkan angka R square 0,311 atau sebesar 31,1 %,
Sedangkan sisanya
viii
(100% - 31,1% = 68.9%) dipengaruhi oleh variable lain seperti 7P yaitu: Produk,
Place, Promosi, Price, Physical Divident, People, Proses.
Berdasarkan kesimpulan diatas diharapkan dalam meningkatkan kualitas
pelayanan dapat diberikan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan hal –
hal yang dianggap mempengaruhi kualitas pelayanan disesuaikan dengan kondisi
yang ada pada perusahaan, sehingga pelanggan merasa puas atas pelayanan yang
diberikan oleh perusahaan.
|