Abstrak  Kembali
PESONA CIPTA SARANA JAYA, Skripsi Program Strata Satu Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Jakarta. Kata kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Alam Indah PT. Pesona Cipta Sarana Jaya . Dalam penelitian ini digunakan metode survey, dengan sampel penelitian yang dipilih dari populasi pembeli rumah di perumahan Alam Indah PT. Pesona Cipta Sarana Jaya. Variabel yang diteliti adalah bauran promosi sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari PT. Pesona Cipta Sarana Jaya jl. Desa Dayeuh No 1, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat mulai dari 1 februari 2013 sampai dengan 1 Maret 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner dengan membagikan pernyataan-pernyataan dalam mengumpulkan data dan pendapat dari para responden yang telah dipilih. Pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 17.0, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Hasil koefisien regresi diketahui Ŷ= 1,475+0,640X, Hasil pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh taraf signifikan sebesar 0,000<0,05 yang artinya H1 diterima H0 ditolak atau berpengaruh signifikan. Dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa bauran promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, yang artinya setiap kenaikan bauran promosi akan menaikkan keputusan pembelian dan sebaliknya. Analisis koefisien determinasi menunjukan sebesar 42,1, artinya 42,1% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel bauran promosi, sementara 57,9% sisanya adalah kontribusi faktor lain selain bauran promosi. Hasil pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh taraf signifikasi nilai probabilitas 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan 7,035>1,995 menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penelitian yang dilakukan di Perumahan Alam Indah P T. Pesona Cipta Sarana Jaya. Dari kesimpulan tersebut diharapkan dalam meningkatan nilai bauran promosi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan hal-hal yang dianggap memengaruhi bauran promosi disesuaikan dengan kondisi yang ada pada perusahaan. Sehingga keputusan pelanggan untuk memilih PT. Pesona Cipta Sarana Jaya dapat meningkat. Serta pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan ditingkatkan sehingga merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh PT. Pesona Cipta Sarana Jaya. Oleh karena itu disarankan pada PT. Pesona Cipta Sarana Jaya untuk lebih meningkatkan bauran promosi yang dimiliki yaitu dengan memperhatikan poinpoin dari apa yang telah penulis teliti yaitu pada faktor bauran promosi yang merupakan salah satu poin terendahnya yakni pernyataan “Apakah layanan yang diberikan membantu masalah kepemilikan rumah anda” dan pada faktor keputusan pembelian yang merupakan poin terendahnya terdapat pada poin “Saya membeli rumah di perumahan PT. Pesona cipta sarana jaya karena harganya lebih terjangkau dari perumahan lainnya”.