PESONA CIPTA SARANA JAYA,
Skripsi Program Strata Satu Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Jakarta.
Kata kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi terhadap keputusan
pembelian rumah pada perumahan Alam Indah PT. Pesona Cipta Sarana Jaya .
Dalam penelitian ini digunakan metode survey, dengan sampel penelitian
yang dipilih dari populasi pembeli rumah di perumahan Alam Indah PT. Pesona
Cipta Sarana Jaya. Variabel yang diteliti adalah bauran promosi sebagai variabel
independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dari PT. Pesona Cipta Sarana Jaya jl. Desa Dayeuh No
1, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat mulai dari 1 februari 2013 sampai dengan 1
Maret 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
melalui kuesioner dengan membagikan pernyataan-pernyataan dalam
mengumpulkan data dan pendapat dari para responden yang telah dipilih.
Pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and
Service Solution) versi 17.0, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan analisis koefisien
determinasi.
Hasil koefisien regresi diketahui Ŷ= 1,475+0,640X, Hasil pengujian
hipotesis yaitu uji t diperoleh taraf signifikan sebesar 0,000<0,05 yang artinya H1
diterima H0 ditolak atau berpengaruh signifikan. Dari persamaan tersebut dapat
diartikan bahwa bauran promosi berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian, yang artinya setiap kenaikan bauran promosi akan menaikkan
keputusan pembelian dan sebaliknya. Analisis koefisien determinasi menunjukan
sebesar 42,1, artinya 42,1% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian
merupakan kontribusi dari variabel bauran promosi, sementara 57,9% sisanya
adalah kontribusi faktor lain selain bauran promosi.
Hasil pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh taraf signifikasi nilai
probabilitas 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan 7,035>1,995
menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari penelitian yang dilakukan di Perumahan
Alam Indah P T. Pesona Cipta Sarana Jaya.
Dari kesimpulan tersebut diharapkan dalam meningkatan nilai bauran
promosi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan hal-hal
yang dianggap memengaruhi bauran promosi disesuaikan dengan kondisi yang
ada pada perusahaan. Sehingga keputusan pelanggan untuk memilih PT. Pesona
Cipta Sarana Jaya dapat meningkat. Serta pelayanan yang diberikan terhadap
pelanggan ditingkatkan sehingga merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh
PT. Pesona Cipta Sarana Jaya.
Oleh karena itu disarankan pada PT. Pesona Cipta Sarana Jaya untuk lebih
meningkatkan bauran promosi yang dimiliki yaitu dengan memperhatikan poinpoin
dari apa yang telah penulis teliti yaitu pada faktor bauran promosi yang
merupakan salah satu poin terendahnya yakni pernyataan “Apakah layanan yang
diberikan membantu masalah kepemilikan rumah anda” dan pada faktor
keputusan pembelian yang merupakan poin terendahnya terdapat pada poin “Saya
membeli rumah di perumahan PT. Pesona cipta sarana jaya karena harganya lebih
terjangkau dari perumahan lainnya”.
|