Abstrak  Kembali
Rahmah Nur Aini (1002015069) Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Pada Gerai Samsung Experiential Shop Telesindo Cabang Mall Central Park Jakarta Barat, Skripsi. Program Strata Satu Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2014. Jakarta. Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Minat Beli Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen Smartphone Samsung Galaxy pada Gerai Samsung Experiential Shop Telesindo cabang Mall Central Park Jakarta Barat. Penulis menggunakan metode survei, dengan sampel penelitian yang dipilih dari populasi pengunjung gerai Samsung Experiential Shop Telesindo cabang Mall Central Park Jakarta Barat dalam melakukan penelitian ini. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas “Diferensiasi Produk” dan variabel terikat adalah “Minat Beli”. Data diperoleh pada akhir bulan Maret 2014 melalui pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, wawancara kepada pihak gerai Samsung Experiential Shop Telesindo dan penyebaran kuisioner pada pengunjung setempat. Pengolahan data menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20.00 dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis statistik, persamaan regresi linier sederhana, uji hipotesis, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi dan determinasi. Hasil uji validitas dan reabilitas menunjukan bahwa kuisioner pada masing-masing variabel diferensiasi produk dan minat beli dinyatakan valid dan dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat ukur variabel. Hasil koefisien regresi diketahui persamaan regresi linier pengaruh Diferensiasi Produk terhadap vii Minat Beli adalah Ŷ = 10,294 + 0,251 X, sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan pengaruh diferensiasi produk yang cukup signifikan yaitu 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak (H1 diterima), artinya bahwa adanya korelasi positif antara diferensiasi produk terhadap minat beli yaitu sebesar 0,251. Sehingga semakin tinggi diferensiasi produk yang diberikan kepada pelanggan Smartphone Samsung Galaxy akan semakin tinggi pula minat beli. Uji asumsi klasik, pada uji normalitas menunjukan bahwa grafik normal plot berdistribusi normal terlihat dari penyebaran titik-titik disekitar garis, hasil Asymp. Sig. (2-tailed) pada uji Kolmogorov-Smirnov (uji Z) 0,858>0,005 dan grafik histogram terlihat normal karena kurva bersimetris terhadap rata-rata 0, pada uji heteroskedastisitas terdapat perpencaran varian residu seragam pada varian dependen atau tidak terdapat gejala heteroskedastisitas, dan pada uji autokoralsi menunjukan hasil . Sig. (2-tailed) pada uji Run Test 0,083>0,005 atau tidak mengalami korelasi positif, sehingga data dapat diaplikasikan dengan benar dan BLUE (Best Linier Unbiased Estimation). Pada analisis koefisien dan determinasi menunjukan angka 34,2%. Artinya besarnya pengaruh diferensasi terhadap minat beli yakni 34,2%, sedangkan sisanya 65,8% merupakan kontribusi oleh faktor-faktor lain selain diferensiasi produk. Berdasarkan hasil tersebut penulis memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen Smartphone Samsung Galaxy. Oleh karena itu disarankan perusahaan terus meningkatkan diferensiasi produk dan membuat suatu program yang menarik agar mempengaruhi keinginan konsumen untuk mengeksplor produk dan timbul minat untuk membeli sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.