Abstrak  Kembali
Citra Aulia (1002015021) PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SMARTFREN DI GALERI SMARTFREN ITC ROXY MAS GROGOL. Skripsi Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiayh Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta. Kata kunci : Iklan Televisi, Keputusan Pembelian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian handphone Smartfren di Galeri Smartfren ITC Roxy Mas Grogol. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan secara langsung dari sumber asli, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli handphone Smartfren sebanyak 95 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling aksidental. Data dalam penelitian dikumpulkan dari konsumen di Galeri Smartfren ITC Roxy Mas Grogol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji simultan, uji koefisien regresi, dan koefisien korelasi determinasi. Berdasarkan uji t untuk melihat pengaruh variabel iklan televisi terhadap keputusan pembelian signifikan atau tidak, dapat dilihat dari angka probabilitas (sig) pada tabel diatas. Nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan thitung > ttabel yaitu 19,100 > 1,661 dengan demikian pendapat yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan iklan televisi terhadap keputusan pembelian terbukti atau dapat diterima. Hasil koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa adanya hasil koefisien korelasi antara iklan televisi (X) dan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,893 angka tersebut dapat diartikan bahwa antara iklan vi 8 televisi dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat. Sifat hubungan iklan televisi dengan keputusan pembelian adalah 0,000. Artinya 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya korelasi antara kedua variabel yang signifikan. Hasil pengolahan data tabel 35 diperoleh nilai koefisien determinasi r2 = 0,797 atau sebesar 79,7%, artinya 79,7% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel iklan televisi, sementara 20,3% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain iklan televisi, seperti dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi