Abstrak  Kembali
Indah Murtyatuti (1002015049) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM TANGERANG (RSU TANGERANG) Skripsi. Program Strata Satu. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa signifikan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Tangerang (RSU Tangerang). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey untuk mengetahui jawaban responden melalui kuesioner dengan sampel yang diambil dari populasi yaitu Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Tangerang (RSU Tangerang). Variabel yang diteliti adalah “Kualitas Pelayanan” sebagai variabel bebas dan “Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan” sebagai variabel terikat. Data diperoleh pada bulan April 2014 melalui penyebaran angket atau kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20,00 dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, persamaan regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji f), uji koefisien regresi (uji t), dan analisis koefisien dan determinasi. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan oleh masing-masing variabel kualitas pelayanan dan keputusan pembelian jasa kesehatan dinyatakan valid dan dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat vii ukur variabel. Hasil koefisien regresi diketahui Ŷ = 16.368 + 0.549X dan uji hipotesis menunjukan pengaruh Kualitas Pelayanan yang signifikan 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak (H1 diterima). Artinya bahwa adanya korelasi positif antara Kualitas Pelayanan dengan Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan yaitu sebesar 0.549. Sehingga semakin tinggi Kualitas Pelayanan yang diberikan kepada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Tangerang maka akan semakin tinggi pula Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan. Analisis koefisien dan determinasi menunjukan angka 19.3%. Artinya besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan yakni 19.3%, sedangkan sisanya yaitu 80.7% merupakan kontribusi oleh faktor-faktor lain selain Kualitas Pelayanan. Berdasarkan hasil tersebut, penulis memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Tangerang terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kesehatan. Oleh karena itu, disarankan Rumah Sakit Umum Tangerang (RSU Tangerang) untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan agar pengunjung dapat merasakan pengalaman yang di dapat selama mengunjungi Rumah Sakit Umum Tangerang (RSU Tangerang), baik itu pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap.