Abstrak  Kembali
Elita Kusumawati (1002015034) PENGARUH EKUITAS MEREK LAPTOP ACER TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. Skripsi : Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta. Kata kunci : Ekuitas Merek, Kepuasan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara ekuitas merek dengan kepuasan konsumen. Variabel yang diteliti adalah ekuitas merek sebagai variabel independen dan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA cabang Pasar Rebo Jakarta Timur. Dataini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20.0.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yaitu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA. Hasil Penelitian menunjukan bahwa variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00< 0.05. Berdasarkan hasil total adjust R square menunjukan bahwa ada pengaruh antara ekuitas merek dengan kepuasan konsumen, yaitu sebesar 36,1% dan sisanya 63,9% dipengaruhi variabel lain seperti kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Oleh sebab itu, disarankan perusahaan terus meningkatkan kualitas produknya sehingga menumbuhkan ekuitas merek yang dikenang baik oleh konsumen sebagai merek terbaik. Ekuitas merek sangat berpengaruh besar dalam pembelian laptop karena menyentuh psikologis konsumen, dimana konsumen yang merasa puas akan bersikap loyal kepada merek tersebut.