Risky Yusriawan (0902015075)
PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI DALAM PENGGUNAAN
MODEL JKT 48 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POCARI
SWEAT PADA REMAJA USIA 12-17 TAHUN DI ALFAMART SETIABUDI
PAMULANG TANGERANG SELATAN.
Skripsi Program Strata Satu Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014 jakarta
Kata kunci : Efektivitas Iklan Televisi, Keputusan Pembelian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan televisi dalam penggunaan
model JKT 48 terhadap keputusan pembelian produk Pocari Sweat pada remaja usia 12-
17 tahun di Alfamart Setiabudi Pamulang Tangerang Selatan.
Dalam penelitian ini digunakan metode survey, dengan sampel penilitian yang
dipilih customer dari Alfamart Setiabudi Pamulang Tangerang Selatan. Variabel yang
diteliti adalah efektivitas iklan televisi sebagai variabel independen dan keputusan
pembelian sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini disebar ke para
customer Alfamart Setiabudi Pamulang Tangerang Selatan selama tiga minggu
terhitung dari tanggal 5 sampai 25 januari.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini melalui
kuesioner dengan membagikan pernyataan-pernyataan untuk mengumpulkan data dan
pendapat dari para responden yang telah dipilih. Pengolahan data dengan bantuan
Sofware SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16.00, dan analisis data
yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis regresi, uji hipotesis dan analisis
koefisien korelasi dan determinasi.
Berdasarkan analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa
Ŷ=1,837+0,525X. Dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa efektivitas iklan
televisi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, yang artinya setiap kenaikan
efektivitas iklan televisi akan menaikan tingkat keputusan pembelian dan sebaliknya.
Hasil pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh thitung > ttabel (6,162 > 1,991) dengan taraf
signifikan < 0,05 menunjukan bahwa efektivitas iklan televisi signifikan terhadap
keputusan pembelian. Sementara hasil analisis koefisien korelasi r= 0,759 dapat
diartikan bahwa antara efektivitas iklan televisi dengan keputusan pembelian memiliki
hubungan yang cukup kuat, sementara nilai koefisien determinasi rē = 0,576 atau
sebesar 57,6,%, artinya 57,6% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian
merupakan kontribusi dari variabel efektivitas iklan televisi, sementara 27,7% sisanya
merupakan pengaruh faktor-faktor selain efektivitas iklan televisi.
Oleh karena itu disarankan pada kantor PT. Amerta Indah Otsuka yang
memproduksi Pocari Sweat untuk lebih meningkatkan kualitas produk Pocari Sweat itu
sendiri dan juga agar memperhatikan dari segi keekonomisan harga Pocari Sweat
dengan memperlihatkan poin-poin terendah dari indikator variabel efektivitas iklan
televisi dan juga dari indikator variabel yang telah diteliti oleh penulis.
|