Abstrak  Kembali
ABSTRAKSI Sutrisno (1102017003)PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL, Tbk Skripsi. Program Strata Satu Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2013. Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap terhadap profitabilitas pada PT. Astra Internasional, Tbk periode tahun 2007 sampai dengan tahun 2011 .Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode study kasus pada laporan keuangan PT. Astra Internasional, Tbk tahun periode 2007-2011.Variabel yang diteliti adalah Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variable bebas (X) dalam penelitian ini diukur dengan cara jumlah total CSR dalam satu tahun dibagi dengan laba bersih pada PT. Astra Internasional, Tbk dan Profitabilitas perusahaan sebagai variable terikat (Y) yang diwakili oleh Return on Investment (ROI) untuk membandingkan hasil usaha yang diperoleh dari operasi perusahaan atau laba setelah pajak dengan jumlah investasi atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode telaah dokumen dari neraca, laporan rugi laba dan laporan arus kas PT. Astra Internasional, Tbk periode tahun 2007-2011.Teknik pengolahan data pada penelitian ini dengan analisis data menggunakan analisis regresi untuk meramalkan pengaruh CSR sebagai variable bebas (X) dengan ROI sebagai variabel terikat (Y) dengan bantuan software SPSS, koefisien korelasi terlihat pada bagian partial correlation coefficients dan koefisien determinasi dapat terlihat pada bagian model summary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Pofitabilitas setelah diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0, menunjukkan pengaruh tidak signifikan. Koefisien korelasi mengindikasikan bahwa adanya korelasi (hubungan) positif dan kuat antara variable CSR dan ROI, Model Summary menunjukkan bahwa variasi Profitabilitas yang dapat diterangkan oleh variable CSR ini adalah sebesar 45,6% sedangkan sisanya 54,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti likuiditas, sovabilitas, nilai perusahaan atau variabel lainnya.Oleh sebab itu untuk perusahaan pada PT. Astra Internasional, Tbk disarankan menjadikan CSR sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan manajemen perusahaan harus menjaga kepercayaan masyarakat dengan kegiatan CSR, membuat strategi yang baik tentang sumber dana secara baik dan efisien agar perusahaan mampu menghasilkan profitabilitas/laba yang diharapkan perusahaan.