Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Unilever. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Sedangkan variabel yang di teliti adalah “ Citra Merek ” sebagai variabel independen dan “ Keputusan Pembelian ” sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari PT. Unilever dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan seperangkat pernyataan atau pertanyaan tertulis kepada responden.Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 17.0, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan determinasi. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasil Ŷ=2,358+0,367X, hasil uji t menunjukkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka tolak H0 dan terima Ha dengan nilai Thitung 2,912> ttabel 1,997. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan perubahan variabel citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis koefisien korelasi antara citra merek terhadap keputusan pembelian mempunyai hubungan yang lemah dengan nilai korelasi sebesar 0,340. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka Rsquare 0,115 atau sebesar 11,5%. Sedangkan sisanya 88,5% (100% - 11,5%= 88,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.