Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran penjualn eceran terhadap loyalitas pelanggan pada minimarket Alfamart cabang Ciganjur Jakarta Selatan.Penelitian ini, penulis menggunakan metode survey, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara peninjauan secara langsung pada pelanggan minimarket Alfamart ketika selesai melakukan pembayaran di kasir, dengan melalui kuisioner. Tempat penelitian yang diambil penulis adalah di Alfamart cabang Ciganjur Jakarta Selatan. Adapun waktu penelitian selama 1 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer, dengan meninjau langsung perusahaan yang menjadi objek penelitian dan teknik yang digunakan adalah:observasi, kuisioner, dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabillitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis, koefisien korelasi (r) dan determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan software pengolahan dan data statistic yaitu IBM SPSS Statistic 19.Berdasarkan analisis regresi sederhana menunjukan bahwa Ŷ= .080+.905X,hasil uji ‘t’ menunjukan tingkat siginifikansi (sig) adalah 0,000< 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan thitung > ttabel yaitu 7.369>2,006, dengan demikian pendapat yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan bauran penjualan eceran terhadap loyalitas pelanggan terbukti atau dapat diterima. Hasil koefisisen korelasi anatara bauran penjualan eceran terhadap loyalitas pelanggan mempunyai hubungan yang kuat, sedangkan koefisien determinasi R = 0,511 atau sebesar 51,1%,artinya 51,1% variasi atau perubahan pada loyalitas pelanggan merupakan kontribusi dari variabel bauran penjualan eceran, sementara 48,9% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain bauran penjualan eceran.