Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk mobil toyota avanza di kelurahan kalisari Jakarta Timur.Dalam Penelitian ini menggunakan metode survey dan eksplanasi dengan pengumpulan secara langsung dari sumber asli, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli mobil toyota avanza di kelurahan kalisari sebanyak 60 responden. Penelitian ini melakukan penelitian observasi secara langsung kepada pemilik mobil toyota avanza di kelurahan kalisari Jakarta timur. Data dalam penelitian dikumpulkan dari konsumen kelurahan kalisari Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, uji koefisien regresi, dan koefisien determinasi.Berdasarkan uji „t‟ untuk melihat pengaruh variabel citra merek terhadap keputusan pembelian signifikan atau tidak, dapat dilihat dari angka probabilitas (sig) pada tabel diatas. Nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan thitung > ttabel yaitu 8.470> 1,671 dengan demikian pendapat yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian terbukti atau dapat diterima. Hasil koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa adanya hasil koefisien korelasi antara citra merek (X) dan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,744, angka tersebut dapat diartikan bahwa antara citra merek dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat. Sifat hubungan citra merek dengan keputusan pembelian adalah 0,000. Artinya, 0,000<0,05, menunjukan adanya korelasi antara kedua variable yang signifikan.Hasil pengolahan data diperoleh nilai koefisien determinasi r² = 0,553 atau sebesar 55,3%, artinya 55,3% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel citra merek, sementara 44,7% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain citra merek.Bedasarkan hasil penelitian, Walaupun mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada mobil toyota avanza, tetapi perusahaan harus tetap meningkatkan lagi proses citra merek pada mobil toyota avanza agar dapat meningkatkan kembali keputusan pembelian yang ada itu bertambah lagi, dan Perusahaan hendaknya lebih memperhatikan promosi penjualan seperti dengan memberikan hadiah atau undian dan lainnya supaya konsumen puas sehingga keputusan pembelian terus meningkat.