Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian pada PT. Zahir Internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Variabel yang diteliti adalah promosi penjualan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Sedangkan teknik penarikan sampelnya adalah simple random sampling dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan jumlah populasi sebanyak 93 perusahaan dan diperoleh sampel responden berjumlah 75 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner dengan membagikan pernyataan-pernyataan untuk mengumpulkan data dan pendapat dari para responden yang telah dipilih. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 17.0, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana,uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi.Berdasarkan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa ŷ =1,607 + 0,545X. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu kali promosi penjualan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1,607 , dan koefisien regresi promosi penjualan sebesar 0,545 menyatakan bahwa setiap peningkatan keputusan pembelian akan meningkatkan promosi penjualan sebesar 0,545, begitu juga sebaliknya jika terjadi penurunan. Hasil pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh taraf signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Ketentuan yang berlaku jika anggota probabilitas < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara promosi penjualan dengan keputusan pembelian.Sementara hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 18,4%, artinya 18,4% variabilitas keputusan pembelian yang terjadi dapat dijelaskan oleh variabel promosi penjualan, atau besarnya pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian sebesar 18,4%, sedangkan sisanya 81,6% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel promosi penjualan.