Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk shampo dove pada konsumen Giant Hypermarket diDepok.Dalam Penelitian ini menggunakan metode survey dan eksplanasi dengan pengumpulan secara langsung dari sumber asli, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli shampo dove di Giant Hypermarket sebanyak 70 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling aksidental. Data dalam penelitian dikumpulkan dari konsumen Giant Hypermarket di Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi sederhana,analisis koefisien korelasi, uji koefisien regresi, dan koefisien determinasi.Berdasarkan uji ‘t’ untuk melihat pengaruh variabel brand image terhadap keputusan pembelian signifikan atau tidak, dapat dilihat dari angka probabilitas (sig) pada tabel diatas. Nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan thitung > ttabel yaitu 17.659> 1,995 dengan demikian pendapat yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap keputusan pembelian terbukti atau dapat diterima. Hasil koefisien korelasi pada table 47 dapat disimpulkan bahwa adanya hasil koefisien korelasi antara brand image (X) dan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,906, angka tersebut dapat diartikan bahwa antara brand image dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat. Sifat hubungan brand image dengan keputusan pembelian adalah 0,000.Artinya, 0,000<0,05, menunjukan adanya korelasi antara kedua variable yang signifikan. Hasil pengolahan data tabel 50 diperoleh nilai koefisien determinasi r² = 0,821 atau sebesar 82,1%, artinya 82,1% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel brand image, sementara 17,9% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain brand image.Bedasarkan hasil penelitian, Walaupun brand image mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada shampo dove, tetapi perusahaan harus tetap meningkatkan lagi proses brand image pada shampo dove agar dapat meningkatkan kembali keputusan pembelian yang ada itu bertambah lagi, dan Perusahaan hendaknya lebih memperhatikan promosi penjualan seperti dengan memberikan hadiah atau undian dan lainnya supaya konsumen puas sehingga keputusan pembelian terus meningkat.