Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan
Balanced Scorecard terhadap kinerja perusahaan pada Bank Permata, variabel
yang diteliti adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses Bank Permata menyatakan mayoritas dari karyawan Bank Permata merasa puas
dengan sistem penggajian, sistem informasi, pelatihan karyawan dan motivasi
yang dilakukan oleh manajemen Bank Permata dan mayoritas karyawan juga
setuju dengan semua sistem yang dijalankan Bank Permata.
Dari hasil penelitian di atas, maka disarankan pada PT Bank Permata Tbk
agar tetap mempertahankan kinerjanya terutama untuk semua perspektif yang
mengalami peningkatan. Hal ini di karenakan pada tahun 2009, 2010, 2011 sudah
mencerminkan keberhasilan manajemen dalam meningkatkan keuntungan kepada
perusahaan. Apa yang telah dicapai ini dipertahankan dan kalau bisa terus
ditingkatkan untuk tahun ke depannya, untuk inovasi produk dan teknologi Bank
Permata harus menciptakan produk-produk unggulan yang berorientasi pada
kebutuhan masyarakat agar dapat bersaing dengan produk-produk perbankan
lainnya sehingga keuntungan yang dicapai Bank Permata terus meningkat di masa
yang akan mendatang dan dapat meningkatkan kepercayaan para stakeholder dan
nasabah akan kinerja PT Bank Permata Tbk.
bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran PT Bank Permata
Tbk dalam jangka waktu 3 ( tiga) tahun yaitu dari tahun 2009, 2010, 2011. Data
primer yaitu berupa data yang diperoleh secara langsung melalui pembagian
kuesioner sebanyak 40 orang kepada karyawan divisi dan strategi dan
perencanaan (Renstra) dan 40 orang kepada nasabah Bank Permata. Data
Sekunder adalah data yang diperoleh melalui laporan tahunan perusahaan selama
periode tiga tahun 2009,2010, 2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bank Permata pada tahun
2009, 2010, 2011 adalah untuk perspektif keuangan Bank Permata sudah baik ini
dilihat dari rasio profitabilitas Bank Permata yang diwakili ROI, profit margin,
ROA dan ROE mengalami sedikit penurunan 0,03% dan untuk kualitas pelayanan
Bank Permata menyatakan bahwa mayoritas dari nasabah Bank Permata merasa
puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan selama ini. Untuk perspektif
proses bisnis internal, inovasi teknologi dan pengembangan produk baru PT Bank
Permata mengalami penurunan 8,3% dan kecepatan transaksi pada pelayanan
teller PT Bank Permata yang telah mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas
transaksi menjadi 1,5 menit. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
|