Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey, dengan sampel penelitian yang dipilih dari populasi siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 9 pada kelas 3. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas ”kualitas pelayanan” dan variabel terikat adalah ”kepuasan pada siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 9 Jakarta”. Dengan metode ini akan dijelaskan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Di samping itu dianalisis hubungan antara variabel tersebut. Data dikumpulkan di sekolah SMP Muhammadiyah 9 Jakarta pada awal bulan Agustus 2011 melalui penyebaran angket atau kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 15.0, dan analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis koefisien kolerasi, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi Hasil koefisien regresi diketahui Ŷ= 23,939+0,407X signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan (variabel X) terhadap kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9 (variabel Y). Maka H1 diterima Ho ditolak. Hasil koefisien korelasi antara kualitas pelayanan (X) dan kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9 (Y) sebesar 0,714, angka tersebut menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9. Korelasi positif artinya semakin banyak kualitas pelayanan yang diberikan kepada siswa dan siswi maka akan semakin tinggi pula kepuasan. Demikian sebaliknya, semakin sedikit kualitas pelayanan yang diberikan kepada siswa dan siswi maka akan semakin rendah pula kepuasan konsumen. Koefisien determinasi r˛ = 0,510 atau sebesar 51,0%, artinya 51,0% variasi atau perubahan pada prestasi kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9 merupakan kontribusi dari variabel kualitas pelayanan, sementara 4,9% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil tersebut penulis berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan mempunyai hubungan kuat dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa dan siswi kelas 3 SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Oleh karena itu disarankan pada sekolah SMP Muhammadiyah 9 Jakarta agar terus-menerus memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa dan siswi agar kepuasan pada siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 9 dapat lebih baik.