Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Indomarert Medang Lestari Tangerang. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi, sampel penelitian yang dipilih dari populasi konsumen Indomaret khususnya di daerah perumahan Medang Lestari Tangerng. Variabel yang diteliti yaitu variabel terikatnya loyalitas konsumen pada Indomaret Medang Lestari Tangerang dan variabel bebasnya kualitas pelayanan. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan untuk para konsumen yaitu berjumlah 100 orang dan dilengkapi dengan sumber data lainnya. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Di samping itu dilakukan analisis koefisien determinasi dan koefisien korelasi. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 1,038 + 0,961X. Konstanta sebesar 1,038 menyatakan bahwa jika skor kualitas pelayanan nol, maka skor loyalitas konsumen sebesar 1,038. Koefisien regresi 0,961 menyatakan bahwa setiap 1 skor kenaikan atau penurunan kualitas pelayanan maka akan menaikkan atau menurunkan loyalitas konsumen sebesar 0,961 skor. Uji parameter koefisien regresi dengan uji F dan uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01, hal ini berarti pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sangat signifikan pada taraf nyata α = 0,01. Koefisien korelasi, sebesar 0,491 menunjukkan bahwa korelasi antara kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen kuat positif. Nilai koefisien determinasinya (r2) sebesar 0,241 mengindikasikan variasi dari variabel kualitas pelayanan menjelaskan variasi loyalitas konsumen sebesar 24,1%, sedangkan sisanya 75,9% dijelaskan faktor lain. Oleh karena itu disarankan agar kualitas pelayanan pada Indomaret Medang Lestari Tangerang harus lebih ditingkatkan kembali agar para konsumen loayal dalam berbelanja di Indomaret Medang Lestari Tangerang.