Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan go public yang terdaftar di BEI periode 2007 – 2011. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksplanasi. Variabel X dalam penelitian ini adalah CSR dan Profitabilitas, sedangkan variabel Y adalah Nilai Perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah telaah dokumen. Dokumen yang ditelaah adalah laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan selama tahun 2007-2011. Data tersebut diambil dari Pusat Refrensi Pasar Modal (PPRM) Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriftif, uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi dengan normal dan tidak terdapat gejala multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Akan tetapi pada uji autokorelasi terdapat gejala autokorelasi. Oleh karena itu, variabel lag dependent atau lag nilai perusahaan dimasukkan ke dalam variabel bebas. Hasil pengujian secara parsial uji t, menunjukkan untuk variabel CSR secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk variabel profitabilitas secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk nilai perusahaan vi periode sebelumnya secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan untuk nilai perusahaan periode sebelumnya dengan nilai perusahaan periode berjalan. Hasil pengujian secara simultan uji F, dapat disimpulkan bahwa CSR, profitabilitas dan nilai perusahaan periode sebelumnya signifikan terhadap nilai perusahaan periode berjalan.