Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesesuaian citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan penyewaan jasa transportasi di PT. Dunia Express Transindo. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan lain/pelanggan yang menggunakan penyewaan jasa transportasi di PT. Dunia Express Transindo dan obyeknya adalah transportasi pada truk. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 49 responden. Hasil penyebaran tersebut , kuesioner berjumlah 6 sampel tidak layak. Sedangkan sampel berjumlah 43 responden dinyatakan layak. Variabel yang diteliti adalah “Kesesuaian Citra Perusahaan sebagai variabel bebas (variabel independent) dan variabel tidak bebas/terikat (variabel dependent) adalah Kepuasan Pelanggan”. Data primer yang diperoleh melalui studi kepustakaan, literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 43 responden di PT. Dunia Express Transindo. Dalam menganalisa data yang diperoleh melalui kuesioner, peneliti menggunakan bantuan program software SPSS 17 Windows Release. Untuk mengetahui tingkat ketepatan dalam menggunakan suatu alat ukur penelitian, maka dilakukan penelitian uji validitas dengan menggunakan metode korelasi pearson, sedangkan untuk mengetahui tingkat konsistensi data maka dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan metode alpha cronbach. Peneliti menggunakan beberapa alat analisis yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu alat analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Alat analisis statistik kualitatif yang digunakan adalah dengan menjumlahkan semua hasil bilangan dan menggunakan hasil perhitungan nilai rata-rata (mean). Sedangkan alat analisis statistik kuanitatif adalah dengan menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Dimana persamaan regresi adalah Ŷ = 52,775=1,163X. Angka konstanta dari 52,775 persamaan regersi menyatakan bahwa jika tidak terdapat kesesuaian citra perusahaan, maka kepuasan pelanggan sebesar 52,775 point. Hal ini berarti masing-masing variabel terikat, dalam hal ini kesesuaian citra perusahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan uji t menunukkan bahwa variabel bebas(variabel independent), yaitu kesesuaian citra perusahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan penyewaan jasa transportasi di PT. Dunia Express Trasnsindo, karena H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai t - hitung > t – tabel (3,108 > 2,020). Maka dari semua aspek, baik dengan melakukan uji hipotesis melalui analisis kualitatif maupun kuantitatif didapat bahwa semua faktor diatas yaitu kesesuaian citra perusahaan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan. Dan variabel yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah variabel kesesuaian citra perusahaan. Oleh karena itu, disarankan pada perusahaan untuk tetap melaksanakan kesesuaian citra perusahaan sebagaimana telah dilakukan selama ini sambil mengevaluasi peran variabel lainnnya. Dengan cara demikian diperkirakan kesesuaian citra perusahaan dapat terus dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan dimasa yang akan datang.