Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan merek-merek minuman isotonik khususnya untuk kategori produk minuman isotonik merek Mizone. Adapun masalah penelitiaan ini adalah “ Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk minuman isotonik merek Mizone ? ”. Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap keputusan pembelian minuman isotonik merek Mizone. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang konsumen yang pernah mengkonsumsi minuman isotonik merek Mizone khususnya di wilayah Jakarta Timur yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi ganda, adapun tahap-tahap pengujiannya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, pengujian hipotesis melalui Uji F dan Uji t, dan koefisien determinasi. Dari analisis regresi diperoleh persamaan Y = 2,337 + 0.505 X1 + 0.169 X2 + 0,385 X3 + 0,645 X4. Pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian yaitu variabel loyalitas merek (X4) yang mempunyai koefisien sebesar 0,645. Untuk urutan kedua diikuti oleh variabel kesadaran merek (X1) dengan koefisien sebesar 0,505. Selanjutnya diikuti oleh variabel persepsi kualitas (X3) dengan koefisien sebesar 0,385. Untuk variabel independen yang mempunyai pengaruh paling kecil adalah variabel asosiasi merek (X2) dengan koefisien sebesar 0,169. Angka Adjusted R square sebesar bahwa 80,0 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Sedangkan 20,0 % dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.