Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Bagaimana kinerja PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bila diukur dengan konsep balanced scorecard Variabel yang diteliti adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam jangka waktu 3 tahun yaitu dari tahun 2008, 2009 dan 2010. data primer yaitu berupa data yang diperoleh secara langsung melalui pembagian kuisioner sebanyak 50 kepada karyawan divisi strategi dan perencanaan (Renstra) dan 50 kepada nasabah Bank Rakyat Indonesia. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui laporan tahunan perusahaan selama periode tiga tahun yaitu tahun 2008, 2009, dan 2010. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kinerja Bank Rakyat Indonesia pada tahun 2008, 2009 dan 2010 adalah untuk perspektif keuangan Bank Rakyat Indonesia sudah baik ini dilihat dari rasio profitabilitas Bank Rakyat Indonesia yang diwakili oleh ROI, profit margin, ROA dan ROE mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk Perspektif Pelanggan, pertumbuhan nasabah Bank Rakyat Indonesia terus mengalami peningkatan 12,9% dan untuk kualitas pelayanan Bank Rakyat Indonesia menyatakan bahwa mayoritas dari nasabah Bank Rakyat Indonesia merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan selama ini. Untuk Perspektif proses bisnis internal, inovasi teknologi dan pengembangan produk baru PT Bank Rakyat Indonesia mengalami penurunan 5% dan kecepatan transaksi pada pelayanan teller PT Bank Rakyat Indonesia yang telah mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas transaksi menjadi 1,5 menit. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan Bank Rakyat Indonesia menyatakan mayoritas dari karyawan Bank BRI merasa puas dengan sistem penggajian, sistem informasi, pelatihan karyawan dan motivasi yang dilakukan oleh manajemen Bank Bank Rakyat Indonesia dan mayoritas karyawan juga setuju dengan semua sistem yang dijalankan oleh PT Bank Rakyat Indonesia. Dari hasil penelitian di atas maka disarankan pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk agar tetap mempertahankan kinerjanya terutama untuk semua perspektif yang mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan pada tahun 2008, 2009 dan 2010 sudah mencerminkan keberhasilan manajemen dalam meningkatkan keuntungan Untuk perusahaan. Apa yang telah dicapai ini dipertahankan dan kalau bisa terus ditingkatkan untuk tahun-tahun ke depannya. untuk inovasi produk dan teknologi Bank Rakyat Indonesia harus terus menciptakan produk-produk unggulan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat agar dapat bersaing dengan produk-produk perbankan lainnya sehingga keuntungan yang dicapai Bank Rakyat Indonesia terus meningkat di masa yang akan mendatang dan dapat meningkatkan kepercayaan para stakeholder dan nasabah akan kinerja PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.