PENGARUH PENJUALAN TERHADAP ROE (RETURN ON EQUITY) PADA
PT. SURYAINTI PERMATA Tbk DI BURSA EFEK INDONESIA, Skripsi
Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penjualan terhadap ROE pada PT. Suryainti Permata Tbk di Bursa Efek
Indonesia. Variabel yang diteliti adalah “ penjualan ” sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel terikatnya (dependen) adalah “ ROE ”, dengan sampel data dari tahun 2001–2008. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah telaah dokumen dengan data sekunder berupa telaah laporan keuangan dan datadata perusahaan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data yang diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal di Gedung BEI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dihitung dengan
menggunakan analisa regresi dan analisa koefisien korelasi terdapat pengaruh yang signifikan dan memiliki hubungan yang positif, artinya semakin besar penjualan akan membuat ROE cenderung meningkat. Hasil pengolahan data memberikan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = -0,012 + 0,001x. Konstanta sebesar -0,012 menyatakan bahwa jika tidak ada penjualan maka ROE sebesar -0,012. Dari hasil tersebut, koefisien regresi sebesar 0,001 menyatakan bahwa setiap Penambahan (karena tanda +) Rp.1 maka akan meningkatkan ROE sebesar Rp. 0,001. Sedangkan untuk koefisien korelasi sebesar 0,919 menunjukkan hubungan yang positif atau bermanfaat antara
penjualan terhadap ROE dan nilai koefisien determinasi sebesar 84,4%.
Dari kesimpulan yang ada, maka sebaliknya perusahaan harus
memperhatikan penjualan agar dapat menghasilkan ROE yang tinggi.
|