Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ibnu Sina Muhibban 00340205032 PERANAN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA PRODUK RINSO WARNA PADA PT. UNILEVER INDONESIA Tbk. Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peranan kemasan dalam meningkatkan citra produk Rinso Warna pada PT. Unilever Indonesia Tbk. "Ada pengaruh yang positif antara kemasan terhadap citra produk Rinso Warna pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pondok Kopi Jakarta-Timur. Sample diambil secara acak sederhana (random sample) dengan mengambil 30 dari jumlah populasi sebanyak 40 orang yang menggunakan Rinso Warna. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik data primer dan data sekunder sedangkan pengolahan data dilakukan sekala likert dengan alternative jawaban ST, T, CT, K dan SK dengan bobot nilai skor 5, 4, 3, 2 dan 1. Dari hasil analisis dan pembahasan, terbukti bahwa variable Kemasan memiliki pengaruh yang cukup signifikan serta cukup kuat terhadap Citra Produk Rinso Warna pada PT. Unilever Indonesia Tbk. yaitu sebesar koefisien korelasi = 0,627, sedangakn untuk R Square = 0.393 (yaitu pengkuadratan dari koefisien korelasi atau 0,627x0,627=-0,393), dengan demikian secara empirik citra produk rinso wana PT. Unilever Indonesia Tbk. dipengaruhi oleh Kemasan, akan tetapi uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa kemasan bukan merupakan satu¬-satunya faktor yang mempengaruhi citra prodak rinso warna, melainkan terkait pula dengan faktor lain, seperti promosi, harga, tempat serta produk itu sendiri atau dalam bahasa pemasaran sering disebut marketing mix. Oleh karena itu disarankan pada perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. agar tetap mempertahankan kemasan rinso warna yang telah dilakukan selama ini dengan tidak mengabaikan faktor-faktor penting lainnya guna memajukan citra produk itu sendiri. Dengan cara demikian maka dapat diperkirakan perusahaan dapat lebih maju dan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.