Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ida Nurmayanti 99340205026 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN TINGKAT KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR KAS SAMSAT JAKARTA TIMUR. Skripsi, iv halaman. 76 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh kantor Kas Samsat Jakarta Timur kepada para wajib wajak melalui pengujian variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasannya. Data-data didapat dengan cara survei menggunakan daftar pertanyaan yang respondennya adalah wajib pajak. Wajib pajak yang tercakup 60% laki-laki dan 40% perempuan dan terbagi sebanyak 14% pada kelompok umur dibawah 21 tahun, 46% pada kelompok umur 21-30 tahun, 24% pada kelompok umur 31-40 tahun serta 16% pada kelompok umur 40 keatas. Wajib pajak ini mempunyai tingkat pendidikan yang berbeda 10% tamat SD, 32% tamat SLTP, 48% tamat SLTA dan 10% adalah sarjana. Diagram Kartesius menunjukkan faktor pelayanan yang sama terhadap seluruh wajib pajak, faktor respon pegawai Samsat terhadap komplain atau ketidaksesuaian data, dan faktor kesediaan pegawai membantu memecahkan masalah merupakan Prioritas Utama. Sedangkan faktor Samsat memberikan pelayanan secara tuntas, faktor tanggung jawab Samsat terhadap keamanan dan kenyamanan, faktor ruang tunggu yang nyaman, dan faktor kerapihan dan kebersihan merupakan bagian Pertahankan Prestasi. Saran dari penulis untuk Kantor Kas Samsat Jakarta Timur agar faktor-faktor Priorotas Utama diperbaiki kualitas pelayanannya dan usaha-usaha yang dilakukan hendaknya melihat dari sisi kepentingan wajib pajak. Sedangkan faktor-faktor Pertahankan Prestasi yang sudah didapat perlu dijaga kualitas pelayanannya.