Abstrak  Kembali
ABSTRAK : Irma Choirunnisa 0702015036 PENGARUH IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN RABBANI BUSANA MUSLIM CABANG DEPOK, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen untuk Rabbani Busana Muslim cabang Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan eksplanasi. Variabel yang ditelliti adalah “bauran pemasaran pada Rabbani Busana Muslim cabang Depok” sebagai variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent) adalah “loyalitas konsumen pada Rabbani”. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Rabbani dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen dan kuesioner. Teknik Pengolahan dan analisis data statistik deskriptif, analisis Regresi Linear Berganda, uji multikolinearitas, uji F,uji t,analisis koefisien korelasi, dan analisis determinasi. Hasil pengolahan data SPSS menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier berganda adalah Ŷ = 12,968 - 1,788 X1 + 0,293 X2 + 0,833 X3 + 0,328 X4 +1,008 X5 + 3,153 X6 + 0,860 X7. Hasil penelitian uji Multikolinearitas nilai VIF adalah: 1,953 (variabel produk), 2,398 (variabel harga), 2,462(variabel tempat), 4,132 (variabel promosi), 3,826 (variabel orang), 1,649 (variabel proses), 3,036 (variabel layanan konsumen). Hasil ini berarti variabel terbebas dari asumsi klasik multikolinearitas, karena hasilnya lebih kecil dari 10. Hasil penelitian uji F layanan, proses, tempat, harga, orang, promosi dan produk secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan dengan loyalitas kosumen berdasarkan taraf nyata = 0,01 atau 1%. Hasil penelitian uji t proses secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada taraf nyata = 0,05 atau 5%. Hasil koefisien korelasi parsial antara proses dan loyalitas konsumen adalah 0,683 yang berarti korelasi positif dan kuat dibandingkan dengan variabel produk, harga, tempat, promosi,orang dan layanan. Uji koefisien korelasi parsial dipengaruhi proses dan loyalitas konsumen signifikan pada taraf nyata = 0,05 atau 5%. Hasil korelasi determinasi diperoleh R² = 0,737. Angka R square atau koefisien determinasi adalah 0,737 artinya 73,7% dari variasi loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 0,263 atau 26,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain. Oleh karena itu disarankan pihak perusahaan harus tetap memperbaiki keseluruhan bauran pemasaran kepada konsumen melalui evaluasi secara periodik untuk menciptakan loyalitas secara optimal.