Abstrak  Kembali
ABSTRAK :Dewi Fatimah 0602015018 PENGARUH LANGSUNG TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 SYARIAH CABANG ROXY, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Management, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2010. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh pemasaran langsung terhadap tingkat penjualan pada AJB Bumiputera 1912 syariah cabang Roxy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi, dengan sampel penelitian yang dipilih dari populasi pemegang polis AJB Bumiputera 1912 syariah. Variabel yang diteliti yaitu variabel terikatnya (dependen = respons) “tingkat penjualan” dan variabel bebasnya (predictor) adalah “pemasaran langsung”. Dengan metode ini akan dijelaskan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Di samping itu dianalisis hubungan antara variable tersebut. Data dikumpulkan di AJB Bumiputera 1912 syariah Jakarta barat pada awal bulan November sampai dengan 24 November 2010 melalui penyebaran angket atau kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 17.0, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemegang polis AJB Bumiputera 1912 syariah tergolong baik dalam menerapkan pemasaran langsung terhadap tingkat penjualan dengan rata-rata skor 4,6. Dari hasil koefisien regresi diketahui bahwa Ŷ = 1,979+ 0,519x, artinya konstanta sebesar 1,979, menyatakan bahwa jika pemasaran langsung tidak dilakukan (x = 0) maka tingkat penjualan hanya sebesar 1,979 skor. Sedangkan koefisien regresi mencapai 0,519 menyatakan bahwa jika setiap pemasaran langsung ditingkatkan 1 skor maka diperkirakan tingkat penjualan meningkat sebesar 0,519 skor, dan sebaliknya. Dari hasil koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi yang kuat dan searah antara pemasaran langsung dengan tingkat penjualan yaitu sebesar 0,627. Jika tingkat pemasaran langsung meningkat maka tingkat penjualan akan meningkat, dan sebaliknya jika tingkat pemasaran langsung menurun maka tingkat penjualan menurun. Hasil uji hipotesis menunjukkan pemasaran langsung berpengaruh sangat signifikan terhadap tingkat penjualan, dengan demikian hasil pengujian hipotesis menolak H0 dan menerima H1. Analisis koefisien determinasi menunjukkan besarnya kontribusi variabel pemasaran langsung terhadap tingkat penjualan sebesar 39,4%, sedangkan sisanya yaitu 60,6% ditentukan oleh factor lain seperti bauran pemasaran, bauran promosi, dan lain-lain. Oleh karena itu disarankan pada AJB Bumiputera 1912 syariah agar tetap terus-menerus memperhatikan, mempertahankan, dan meningkatkan pemasaran langsung kepada agennya agar agen semakin bergairah dalam bekerja dan semakin bersemangat, sehingga akan memunculkan tingkat penjualan yang lebih tinggi dalam memajukan perusahaan. Dan perusahaan diharapkan agar tetap mempertahankan strategi pemasaran yang menentukan di dalam memasarkan suatu produk yang tepat, akan dapat menaikkan penjualan sehingga akan menghasilkan laba yang maksimal.