Abstrak  Kembali
ABSTRAK Liah Hoeriah 020202028 : PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA PT. PLN (PERSERO), Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu faktor yang digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan adalah kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja dalam sistem tradisional biasanya tidak sulit dilakukan. Sedangkan Balanced Scorecard mempunyai tujuan dan pengukuran yang tidak hanya merupakan penggabungan dari ukuran-ukuran keuangan dan non keuangan yang ada, tetapi merupakan hasil dari suatu proses berdasarkan misi dan strategi dari suatu perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat diketahui bahwa dari hasil perspektif keuangan di tahun 2006 mengalami penurunan yaitu rata-rata ROl sebesar 18,17%, rata-rata Profit Margin sebesar 8,91%, dan rata-rata Ratio Operasi sebesar 105,9%. Perspektif konsumen menunjukkan bahwa kepuasan mencapai 23,82%, pangsa pasar mengalami penurunan 8,47% ditahun 2006 disebabkan karena tidak adanya keseuaian antara jumlah penduduk dengan pelanggan yang terlayani. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa kualitas listrik yang diterima pelanggan cukup baik, jumlah Kwh yang terjual mengalami peningkatan, standar penyambungan baru untuk PLN adalah kurang dari 6 hari. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan tingkat kepuasan karyawan menunjukkan pada tingkat yang kurang baik, retensi karyawan 4,99% menunjukkan hasil yang kurang baik, dan produktifitas karyawan menunjukkan hasil yang mengalami penurunan. Oleh karena itu disarankan pada PT.PLN (Persero) tersebut agar mengembangkan karyawan dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri, baik dalam kepangkatan maupun pendidikan dan keterampilan.