Abstrak  Kembali
ABSTRAK Wiwin Seviyanti, 0302025069 PENGARUH PENJUALAN KREDIT TERHADAP PENERIMAAN KAS PADA PT.INSAN MEDIA PRATAMA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara penjualan kredit dengan penerimaan kas pada PT.Insan Media Pratama, serta untuk mengetahui kebijakan-kebijakan perusahaan dalam pelaksanaan penjualan kredit dan pengelolaan piutangnya. Variabel yang diteliti adalah penjualan kredit sebagai variabel bebas dan penerimaan kas sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui wawancara dengan koordinator bagian akuntansi dan dari laporan keuangan PT.Insan Media Pratama selama 4 (empat) tahun yakni dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2006. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi sederhana dapat dilihat beberapa hal yaitu persamaan regresi Y= -Rp.465.171.546 + 1,103X menunjukkan bahwa jika tidak ada penjualan kredit maka penerimaan kas akan mengalami penurunan sebesar Rp.465.171.546 dan setiap kenaikan penjualan kredit sebesar 1 rupiah akan meningkatkan penerimaan kas sebesar Rp.1,103. Pengaruh penjualan kredit terhadap penerimaan kas pada PT.Insan Media Pratama adalah signifikan pada taraf nyata α= 0,05 yakni dengan thitung > ttabel (19,017 > 4,303). Kemudian dengan menggunakan alat analisis koefisien korelasi Pearson diketahui bahwa terdapat hubungan antara penjualan kredit dengan penerimaan kas pada taraf nyata α= 0,05 yakni dengan thitung > ttabel (18,2139 > 4,303). Diketahui pula nilai r sebesar 0,997 yang berarti hubungan yang terjadi penjualan kredit dengan penerimaan kas adalah positif dan searah. Ini berarti semakin besar nilai penjualan kredit semakin besar pula nilai penerimaan kasnya dan apabila nilai penjualan kredit naik maka nilai penerimaan kas juga akan naik, demikian juga sebaliknya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan penjualan kredit pada PT.Insan Media Pratama, antara lain dengan tidak adanya ketentuan yang pasti mengenai kebijakan pemberian diskon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan kepada PT.Insan Media Pratama agar meningkatkan penjualannya khususnya penjualan kredit sehingga penerimaan kasnya dapat meningkat. Seiring dengan hal tersebut kegiatan penagihan perlu juga untuk ditingkatkan agar piutang dapat cepat berubah menjadi kas untuk selanjutnya dapat dipergunakan kembali dalam kegiatan perusahaan. Selain itu perlu juga unluk mengevaluasi kembali kebijakan-¬kebijakan yang telah dijalankan selama ini agar terdapat transparansi dan tetap dapat menguntungkan bagi perusahaan dan juga tidak merugikan agen dan pelanggan perusahaan.