Abstrak  Kembali
ABSTRAK Raden Sonny Setyo Wibowo 00340305051 : ANALISIS VARIABLE COSTING TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PADA PT.AMIGOS RESTORAN, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga jual produk dengan menggunakan metode Variable Costing. Dalam hal ini terlebih dahulu menentukan harga pokok produksi dengan metode kalkulasi yang tepat, oleh karena itu PT.Amigos Restoran memakai konsep Variable Costing yaitu metode penentuan harga pokok produksi yang hanya membebankan biaya produksi variabel saja ke dalam harga pokok produk sebagai dasar analisa untuk menetapkan harga jual produk. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada PT.Amigos Restoran, dimana data-data yang diperlukan berasal dari perusahaan tersebut dan data sekunder didapat dengan kunjungan ke perpustakaan dan bahan-bahan yang diperoleh selama masa perkuliahan yang berhubungan dengan masalah sebagai landasan teori yang nantinya akan dipakai sebagai hasil pembanding dengan hasil penelitian di lapangan. Data dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif, yaitu dengan membandingkan antara teori dengan praktek di lapangan dan selanjutnya dari hasil penelitian dilakukan analisa sesuai dengan metode Variable Costing. Hasil penelitian menunjukkan : (a) perbedaan besarnya harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh penulis, Contoh: untuk menu Char Grill-Lime Chicken, penulis memperoleh perhitungan harga jual sebesar Rp.43.121 lebih rendah bila dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar Rp. 48.052 sedangkan untuk menu Paella Valencia, penulis memperoleh perhitungan harga sebesar Rp.41.602 lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar Rp.33.060. Hal ini disebabkan karena adanya sistem subsidi silang antar produk yang diterapkan oleh PT.Amigos Restoran. (b) Dalam menentukan biaya semi variabel PT.Amigos Restoran hanya menggunakan perkiraan saja dalam memisahkan biaya variabel yang ada, sehingga hasilnya kurang tepat.(c). Metode Variable Costing dapat membantu manajemen dalam menganalisa mana biaya yang relevan dan mana biaya yang tidak relevan sehingga dapat diambil keputusan yang tepat dalam menentukan harga jual produk.