Abstrak  Kembali
ABSTRAK Nanang Kosim 020201039 : PENGARUH PERIKLANAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA DI FE UHAMKA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh periklanan melalui media televisi terhadap keputusan pembelian handphone Nokia pada mahasiswa FE UHAMKA. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah Metode survei yaitu metode penelitian yang mengambil contoh dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner (daftar pertanyaan) sebagai alat pengumpulan data yang kokoh dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi UHAMKA yang berjumlah 565 mahasiswa/i. Sedangkan dalam penelitian ini penulis mengambil sampel mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi UHAMKA dari angkatan tahun 2000 sampai dengan angkatan tahun 2005, akan tetapi penulis menggunakan sampel 10% dari jumlah populasi yang ada. Hal ini dilakukan karena beberapa pertimbangan. Karena keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga tidak dapat mengambil sampel yang besar. Oleh karena itu, sebagai sampel jumlah responden ditentukan sebanyak 60 orang. Dan teknik sampling yang digunakan untuk menentukan konsumen yang menjadi responden adalah random secara accidental sampling, yaitu cara pengumpulan data dengan mengambil responden sebagai sumber data yang ditemui saja oleh penulis secara kebetulan di daerah pengambilan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah telaah dokumen, observasi, kuisioner dan angket, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi spearman, ini digunakan untuk mengetahui atau menunjukkan ada atau tidaknya hubungan antara kedua variabel, yaitu variabel X (periklanan melalui media televisi) dan variabel Y (keputusan pembelian). Dengan menggunakan rumus korelasi spearman tersebut diatas, maka di temukan korelasi sebesar 0,74. Angka ini menunjukkan mendekati angka 1 artinya adanya korelasi positif kuat antara variabel X (Periklanan Melalui Media Televisi) dengan variabel Y (Keputusan Pembelian Handphone Nokia) dan besarnya pengaruh antara periklanan melalui media televisi dapat dilihat pada koefisien determinasi yang menunjukkan angka sebesar 55%. Sehingga dengan adanya iklan handphone Nokia melalui media televisi membuat mahasiswa FE UHAMKA untuk memutuskan membeli handphone tersebut meningkat.