Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen yaitu leverage, profitabilitas, dan firm size terhadap variabel dependen yaitu corporate social responsibility disclosure. Serta pengaruh variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen. Sampel pada penelitian ini merupakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh leverage dan firm size terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara simultan leverage, profitabilitas, dan firm size berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Nilai Adjusted R Square sebesar 14,8% dan sisanya 85,2% dijelaskan oleh variabel lain seperti umur perusahaan, ukuran dewan komisaris, pengungkapan media, dan kepemilikan saham asing. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini serta menambah sampel yang lebih luas tidak hanya terbatas pada sub sektor makanan dan minuman saja.