Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, kinerja
keuangan, pertumbuhan perusahaan, dan good corporate governance terhadap
nilai perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
asosiatif dimana sampel perusahaan yang digunakan sebanyak 12 (dua belas)
perusahaan Manufaktur properti, real estate yang terdaftar di BEI. Teknik
pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis
statistik deskriptif, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan
SPSS versi 21.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Struktur Modal
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini dapat
dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel struktur modal 0.000 < 0.050
dengan nilai thitung (6.733) > ttabel (1.68195). Pengaruh Profitabilitas secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini dapat
dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel struktur modal 0.041 < 0.050
dengan nilai thitung (2.196) > ttabel (1.68195). Pertumbuhan Perusahaan secara
parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel pertumbuhan
perusahaan 0.863 > 0.050 dengan nilai thitung (0.175) < ttabel (1.68195).
Kepemilikan Manajerial secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat
signifikansi variabel kepemilikan manajerial 0.909 > 0.050 dengan nilai thitung
(0.116) < ttabel (1.68195).
Hasil penelitian ini secara simultan menunjukan nilai Fhitung (19.763) > Ftabel
(2.594), serta nilai Adjusted R Square sebesar 0.765 atau 76,5% yang berarti
kenaikan dan penurunan struktur modal, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan
dan kepemilikan manajerial akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Sehingga dapat disimpulkan seluruh variabel independen secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. sedangkan sisanya
23,5% dijelaskan oleh faktor yang lain yang tidak masuk kedalam penelitian ini
seperti Growth Opportunity, Asset structure, Firm Size, Firm Value.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang
telah disebutkan, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel
perusahaan yang berbeda.
|