Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer, Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Kualitas data, Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai signifikan 0,017, Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e- Commerce dengan nilai signifikan 0,003, dan Pelayanan Fiskus tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai signifikan 0,072. Sedangkan secara simultan variabel Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai signifikan F 0,000. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,400 atau 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.