Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Wajib
Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan
Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan data primer, Metode analisis data yang digunakan
adalah Uji Kualitas data, Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi
Linier Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
secara parsial Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela
Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai signifikan 0,017, Sosialisasi
Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-
Commerce dengan nilai signifikan 0,003, dan Pelayanan Fiskus tidak berpengaruh
terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai
signifikan 0,072. Sedangkan secara simultan variabel Kesadaran Wajib Pajak,
Sosialisasi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus secara bersama-sama berpengaruh
terhadap Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak UMKM e-Commerce dengan nilai
signifikan F 0,000. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R
Square sebesar 0,400 atau 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor
lain diluar variabel penelitian ini.
|