Abstrak  Kembali
ABSTRAK Reni Fitriani 01340305050 ANALISIS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN ATAS PENJUALAN, PIUTANG DAN PENERIMAAN KAS PADA PT. SENTRAL MULTI SARANA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, Jakarta, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur pengendalian intern penjualan kredit, piutang dan penerimaan kas yang diterapkan di PT. Sentral Multi Sarana. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis dekriptif kualitatif dilakukan dengan cara membandingkan antara teori dengan keadaan yang sebenarnya terjadi, sedangkan analisis deskriptif kuarititatif dilakukan dengan cara menganalisa seberapa besar kas yang diterima berdasarkan piutang, dan saldo piutang akhir dari total piutang dagang netto. Tujuan dari diterapkannya struktur pengendalian intern adalah agar tercapainya tujuan perusahaan. Dengan tercapainya tujuan dari pengendalian intern, maka tujuan perusahaan pun akan tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah membandingkan antara teori dengan keadaan yang terjadi pada struktur pengendalian intern penjualan, kredit dan penerimaan kas pada PT. Sentral Multi Sarana masih ada beberapa kendala yang dihadapi, antara lain jadwal penyetoran uang yang berada di tangan kasir ke bank, masih banyaknya data yang dikerjakan secara manual serta kurangnya pengendalian terhadap status map order. Dalam hal penerimaan kas, pengendalian terhadap return barang dagangan cukup memadai. Perusahaan menetapkan return penjualan sebesar 4 % dari penjualan sewa beli, sedangkan berdasarkan penelitian selama tiga tahun terakhir yaitu tahun 2005, 2004 dan 2003 return penjualan yang terjadi kurang dari jumlah yang telah dicadangkan sebelumnya. Return untuk masing-masing tahun 2005, 2004 dan 2003 yaitu sebesar 1,65 %, 1,55 % dan 1,75 %. Oleh karena itu untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi, maka disarankan kepada PT. Sentral Multi Sarana agar menetapkan suatu jadwal penyetoran uang masuk ke bank sehingga tidak terlalu lama berada di tangan kasir, menggunakan sistem yang terkomputerisasi dan lebih memperhatikan pengendalian dalam penjualan terutama mengenai status map order untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen yang berakhir pada bertambahnya pendapatan perusahaan. Namun, secara garis besar pengendalian intern yang diterapkan selama ini sudah cukup baik dan diharapkan agar perusahaan tetap mempertahankan kebijakan dan pengendalian yang telah dijalankan sehingga dapat menjaga harta kekayaan perusahaan.