Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
kesadaran wajib pajak, dan pembayaran samsat via online terhadap ketaatan
membayar pajak kendaraan pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Variabel
yang di teliti adalah kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, dan pembayaran
samsat via online sebagai variabel bebas dan ketaatan membayar pajak kendaraan
sebagai variabel terikat pada pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Populasi
pada penelitian ini adalah pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Data
penelitian ini bersifat primer yang di kumpulkan dengan cara menyebar kuesioner.
Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
pengolahan dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi
linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi
dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan bermotor, kesadaran
wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap ketaatan membayar pajak
kendaraan bermotor, pembayaran samsat via online berpengaruh signifikan
terhadap ketaatan membayar pajak kendaraan. Secara simultan kualitas pelayanan,
kesadaran wajib pajak, dan pembayaran samsat via online terhadap ketaatan
membayar pajak kendaraan pada pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta.
|