Abstrak  Kembali
ABSTRAK ETI CATNAWATI 00340305018 ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PADA PT. GREAT RIVER INTERNATIONAL, Tbk. SKRIPSI PROGRAM STRATA SATU, JURUSAN AKUNTANSI, FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA, TAHUN 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan biaya produksi dalam penetapan harga jual produk "Hello Kitty" dan "Van laack" di PT. Great River International, Tbk Variabel yang diteliti adalah "biaya produksi untuk produk Hello Kitty dan Van laack" sebagai variabel bebas (prediktor) dan variabel terikatnya (dependent = respons) adalah "penetapan harga jual produk" di PT. Great River International, Tbk dalam periode juli 2004 sampai dengan Agustus 2004. Data primer diperoleh melalui wawancara silang dengan petugas dan pimpinan bagian produksi, merchandising, accounting, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di PT. Great River International, Tbk dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Harga mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pemasaran produk dan kelangsungan hidup perusahaan. Peranan tersebut mempengaruhi jumlah permintaan produk, daya saing produk, kemampuan perusahaan dalam menembus segmen pasar, kinerja distribusi produk, dan implementasi program promosi penjualan. Agar dapat menentukan kebijakan penetapan harga jual produk secara tepat, manajemen perusahaan harus memperhatikan faktor ekstern dan intern perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT. Great River International, Tbk hal tersebut tidak dilakukan dalam menentukan kebijakan harga jual produk karena manajemen perusahaan menetapkan harga jual produk atas dasar pertimbangan biaya produk. Dalam menentukan harga jual netto (netto sales) ditetapkan sebesar 200 % dari harga pokok penjualan (Cast of Goods Sold), sedangkan harga jual label dipengaruhi oleh netto sales, royalty, Ppn dan discount. Berdasarkan hasil analisis perhitungan biaya produksi dalam menetapkan harga jual produk "Hello Kitty" dan "Van laack" menurut penulis berdasarkan teori (Mulyadi, 2001:353 dalam bukunya Akuntansi Manajemen, Konsep, Manfaat dan Rekayasa) dengan hasil perhitungan biaya produksi menurut manajemen perusahaan terdapat suatu perbedaan, diantaranya sebagai berikut: 1) Untuk produk "Hello Kitty" harga jual netto menurut kebijakan manajemen perusahaan sebesar Rp 48.788,18 sedangkan menurut penulis harga jual netto produk "Hello Kitty" sebesar Rp 35.284,20 sehingga terdapat selisih yang lebih besar menurut kebijakan manajemen perusahaan sebesar Rp 13.503,98. 2) Untuk produk "Van laack" harga jual netto menurut kebijakan manajemen perusahaan sebesar Rp 351.179,52 sedangkan menurut penulis harga jual netto produk "Van laack" sebesar Rp 260.750,76 sehingga terdapat selisih yang lebih besar menurut kebijakan manajemen perusahaan sebesar Rp 90.428,76. Oleh karena itu disarankan pada PT. Great River International, Tbk agar dalam menentukan harga jual produk tidak hanya memperhatikan biaya produk saja, tetapi harus memperhatikan elastisitas permintaan, persepsi konsumen atas nilai suatu produk, dan persaingan harga, sehingga dapat memberikan harga jual yang wajar dan kompetitif.