Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ayu Diah, NPM : 01320405011 HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DENGAN LOYALITAS SANTRI PADA PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM. Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas layanan yang diberikan oleh pihak Pondok Pesantren Daar El-Qolam dengan loyalitas para santri. Variabel yang diteliti adalah kualitas layanan sebagai variabel X atau bebas dan loyalitas sebagai variabel Y atau terikat. Data primer diperoleh melalui observasi langsung dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yaitu santri Pondok Pesantren Daar El-Qolam, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di Pondok Pesantren Daar El-Qolam dilengkapi dengan sumber data lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dihitung dengan bantuan program komputer SPSS diperoleh nilai koefisien korelasi antara kualitas layanan dengan loyalitas sebesar 0,37 yang artinya bahwa hubungan antara kualitas layanan dengan loyalitas pada Pondok Pesantren Daar El-Qolam bersifat search. Apabila kualitas layanan ditingkatkan maka loyalitas akan meningkat, begitu pula sebaliknya bila kualitas layanan menurun maka loyalitas akan turun. Namun, penulis menyadari bahwa tidak hanya variabel kualitas layanan saja yang membuat santri loyal terhadap Pondok Pesantren Daar El-Qolam karena setelah dilakukan perhitungan hubungan antara kualitas layanan dengan loyalitas pada Pondok Pesantren Daar El-Qolam hanya sebesar 13 %. Untuk itu disarankan agar santrinya menjadi semakin loyal, maka Pondok Pesantren Daar El-Qolam sebaiknya selalu meningkatkan pelayanannya dengan menyesuaikan pada kebutuhan santrinya, sehingga para santri akan selalu loyal dan bangga menuntut ilmu di sana.