Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana
hubungan antara faktor tingkat pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi
risiko investasi yang dapat mempengaruhi minat millenials untuk berinvestasi di
Pasar Modal Syariah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian
kuantitatif, melalui pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner secara
tertutup melalui google form kepada 215 responden. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing dari keempat variabel
bebas yaitu pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi risiko berpengaruh
positif signifikan secara parsial terhadap minat investasi millenials di Pasar Modal
Syariah, dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 (nilai sig. < α). Selanjutnya,
variabel bebas yaitu pengetahuan, motivasi, pendapatan dan persepsi risiko secara
bersamaan (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat investasi
millenials di Pasar Modal Syariah, dengan pembuktian nilai f hitung sebesar 75,062
> f tabel (2,4146). Selain itu, dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai
sebesar 0,581 atau 58,1% variasi dari variabel bebas memberikan informasi yang
dapat menjelaskan variasi dari variabel terikat (minat investasi), sedangkan sisanya
41,9% dijelaskan oleh sebab lainnya
|