Abstrak  Kembali
ABSTRAK Evy Budiawati 01340305018 ANALISIS BIAYA VOLUME LABA DALAM PERENCANAAN LABA PADA PT. ARGO PANTES, Tbk Tangerang, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2005 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan-perubahan biaya, volume dan harga jual terhadap titik impas dan laba yang direncanakan PT. Argo Pantes Tbk., sehingga dapat dipakai sebagai alat bantu manajemen dalam membuat suatu perencanaan laba pada masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu metode penelitian yang berusaha mengumpulkan, menyajikan serta menganalisis data dan membuat suatu kesimpulan dari masalah tertentu. Dalam memisahkan biaya semi variabel penulis menggunakan metode regresi linier, untuk menganalisis pengaruh dari perubahan unsur biaya, volume dan harga jual dipergunakan metode yang disebut analisis titik impas. Data yang diambil dari laporan hasil penjualan dan biaya produksi yang tersedia pada PT. Argo Pantes Tbk. yaitu periode tahun 2002 sampai tahun 2004 yang diperoleh dari bagian keuangan PT. Argo Pantes Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis biaya volume laba dapat digunakan untuk menganalisis perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi laba yaitu harga jual per-bale, volume penjualan, biaya variable per-bale dan total biaya tetap serta pihak manajemen dapat merencanakan volume penjualan untuk mendapatkan laba yang ditargetkan. Atas dasar perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa yang menyebabkan laba meningkat adalah naiknya harga jual dan naiknya volume penjualan serta turunnya biaya variable dan total biaya tetap berdasarkan hasil tersebut perusahaan dapat menentukan keputusan yang terbaik diantara alternatif-alternatif yang ada untuk meningkatkan laba dimasa yang akan datang. Oleh karena itu disarankan kepada PT. Argo Pantes Tbk untuk menerapkan analisis biaya volume laba dalam perencanaan labanya karena analisis ini menunjukkan hubungan yang terjadi antara biaya volume dan laba. Dan analisis ini juga dapat dipakai sebagai alat bantu pihak manajemen dalam menentukan perencanaan laba dimasa yang akan datang.