Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ernawati 01340205024 PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MOTIF PEMBELIAN PRODUK MUSTIKA RATU. Skripsi. Program Studi S-1. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan dengan motif pembelian konsumen untuk produk Mustika Ratu. Variabel yang diteliti adalah "Promosi Penjualan Sebagai Variabel Bebas (Prediktor) dan variabel terikatnya (Dependent) untuk motif pembelian "di PT. Mustika Ratu Tbk dalam jangka waktu tertentu. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebarluaskan di kalangan mahasiswa, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di PT. Mustika Ratu Tbk. tersebut dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu melalui 3 elemen, yaitu : Pertama, promosi yang diarahkan kepada pedagang perantara, misalnya dengan kelonggaran pembeli, kerjasama periklanan, undian penjualan, penyalur dan lain-lain. Kedua, promosi yang diarahkan kepada pembelian, misalnya sample, kupon, undian, hadian langganan dan sebagainya. Ketiga, promosi yang diarahkan kepada tenaga penjual atau pramuniaga, misalnya bonus dan undian. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan analisa korelasi, maka ternyata ada hubungan korelasi positif antara promosi penjualan dengan motif pembelian produk Mustika Ratu., artinya ada hubungan erat antara kedua variabel tersebut sehingga apabila variabel bebas (promosi penjualan) dalam pelaksanaannya optimal ataupun tidak akan terlihat pada motif pembelian produk Mustika Ratu yang juga optimal ataupun tidak optimal. Oleh karena itu disarankan pada perusahaan untuk terus melakukan promosi penjualan sebagaimana telah dilakukan selama ini dengan jumlah persentase tertentu sambil mengevaluasi peran variabel lainnya seperti selera masyarakat, produk saingan dan harga yang berlaku. Dengan cara demikian diperkirakan produk "X" tersebut akan tetap dapat dipertahankan pangsa pasarnya bahkan ada kemungkinan untuk ditingkatkan.