Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, risiko
perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap
pengungkapan corporate social responsibility.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi,
dimana variabel yang diteliti adalah profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran
perusahaan dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel independen dan
Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel
menggunakan judgment sampling dan diproleh sampel sebanyak 7 perusahaan,
dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang
dimana menelaah laporan keuangan yang di ambil dari Bursa Efek Indonesia
(BEI) dari ke -7 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan
analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linier
berganda.
Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dan diproleh persamaan regresi linier
berganda Y = 22,919 + 0,006 X1 + -0,033 X2 + -2,714 X3 + -0,001 X4, uji asumsi
klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak
terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi
autokorelasi, maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linier Unbiased
Estimator (BLUE).
Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar -7,1%, menunjukkan bahwa
hubungan antara variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan
pertumbuhan perusahaan dengan variabel Corporate Social Responsibility adalah
cukup kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R
Square menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran
perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dapat dijelaskan -7,1%, variasi variabel
Corporate Social Responsibility, sedangkan sisanya 92,9% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengujian hitopesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh
profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh,
dengan signifikansi 0,866 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel tingkat
risiko perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat
pengaruh, dengan signifikansi 0,371 > 0,050, pengujian secara parsial antara
variabel ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak
terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,280 > 0,050, pengujian secara parsial
antara variabel pertumbuhan perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility
tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,929 > 0,050
Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang
menjadi sampel dalam penelitian, untuk meningkatkan corporate social
responsibility harus memperhatikan komposisi – komposisi dari profitabilitas,
risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dalam
penelitian ini secara parsial tidak berpengaruh yang signifikan terhadap corporate
social responsibility.
|