Abstrak  Kembali
ABSTRAK Maslel Fitriani 00340205041 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT INTERNASIONAL BINTARO, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Internasional Bintaro. Variabel yang diteliti adalah "kualitas pelayanan untuk “X” sebagai variabel bebas dan variabel terikat adalah “kepuasan pasien rawat inap” pada Rumah Sakit Internasional Bintaro “Y” dalam jangka waktu tertentu. Data primer diperoleh melalui wawancara silang dengan para karyawan atau pimpinan yang terkait, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya dan kuesioner untuk para pasien rawat inap Rumah Sakit Internasional Bintaro. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan SPSS 11.0 for windows yaitu karena statistik t hitung lebih besar dari t tabel (9,276 > 1,9845) maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap, hal ini menunjukkan apabila Rumah Sakit Internasional Bintaro meningkatkan kualitas pelayanan maka akan meningkatkan kepuasan pasien. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei yaitu dengan cara mengamati langsung objek yang akan diteliti agar penelitian ini mendapatkan data yang akurat. Oleh karena itu disarankan kepada pihak Rumah Sakit lnternasional Bintaro supaya tetap terus mempertahankan citra baik dan citra internasional yang telah disandangnya dan agar dapat terus lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan dan hal-hal lainnya yang dapat menunjang keberhasilan dalam memberikan kepuasan terhadap pasien terutama pasien rawat inap.