Abstrak  Kembali
ABSTRAK Tofik Wijaya, 00340205081 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA BUS TRANS JAKARTA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA, Jakarta, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada Bus Transjakarta. Adapun variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel terikat (dependent) adalah perilaku konsumen. Dalam melakukan penelitian ini, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan yang sudah ditentukan jawabannya yang disebut dengan pertanyaan tertutup dengan jumlah responden 100 orang, sedangkan untuk data sekunder dilakukan dengan cara mendatangi perpustakaan dan dokumen-dokumen perusahaan yang terkait dengan penelitian. Sedangkan data primer dihitung dengan menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap perilaku konsumen pada Bus Transjakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap perilaku konsumen. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.22 atau 22%. Namun demikian kualitas pelayanan bukan satu-satunya yang mempengaruhi perilaku konsumen, tetapi masih ada faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu disarankan agar badan pengelola Transjakarta mempertahankan dan mencoba meningkatkan kualitas pelayanannya agar pengguna Bus Transjakarta semakin loyal dan tidak beralih ke jasa angkutan lain.