Abstrak  Kembali
ABSTRAK Darmawan Puji Santoso 00340205015 PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk, CABANG GALERIA BLOK M JAKARTA SELATAN. Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Matahari Putra Prima cabang Galeria Blok M Jakarta Selatan. Variabel yang diteliti adalah “kualitas layanan sebagai variabel bebas (prediktor) dan variabel terikatnya (dependent) adalah kepuasan konsumen” pada PT. Matahari Dept. Store cabang Galeria Blok M Jakarta Selatan dalam jangka waktu tertentu. Data primer diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner dengan para karyawan dan pimpinan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan literature lainnya yang berkaitan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan data time series dan koefisen korelasi, maka ternyata ada hubungan korelasi positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di perusahaan PT. Matahari Putra Prima cabang Galeria Blok M Jakarta Selatan dimaksud. Sehingga apabila presentase tingkat pelaksanaan atau kinerja dari perusahaan tersebut terdapat variabel X (kualitas layanan) berubah naik atau turun, maka presentase tingkat harapan atau kepentingan pengunjung dan variabel Y (kepuasan konsumen) juga akan naik atau turun. Oleh karena itu disarankan agar pelaksanaan kualitas layanan pada perusahaan PT. Matahari Dept Store cabang Galeria Blok M Jakarta Selatan agar selalu mengadakan peninjauan kembali (follow up) serta pengamatan lebih intensif terhadap pramuniaga dan dapat menggunakan sumber daya tersebut dengan secara tepat dan efisien dalam meningkatkan kualitas pelayanan selama ini dengan mengevaluasi peran variabel lainnya seperti memberikan perhatian secara individu terhadap setiap pengunjung yang berbelanja sesuai dengan selera masyarakat terhadap produk saingan dan harga yang berlaku dipasar. Dengan cara demikian perusahaan diperkirakan akan tetap berkembang dan dapat dipertahankan sesuai dengan keinginan konsumen bahkan tetap kokoh dan unggul daripada perusahaan lainnya.