Abstrak  Kembali
ABSTRAK Widya Yulaikha 01340205100 PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT. KHONG GUAN BISCUIT FACTORY INDONESIA, LTD, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh saluran distribusi terhadap omzet penjualan pada PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Ltd. Variabel yang diteliti adalah "Saluran Distribusi" sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah "Omzet Penjualan". Data diperoleh melalui wawancara langsung dengan para petugas/pimpinan perusahaan yang terkait. Saluran distribusi digunakan oleh suatu perusahaan karena merupakan faktor penting dalam memperlancar arus barang dan memperluas daerah pemasaran. Saluran distribusi yang digunakan oleh PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Ltd adalah saluran distribusi semi langsung (saluran satu tingkat) yaitu : Pertama PT. Kong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd selaku produsen, kedua agen selaku perwakilan yang ditunjuk oleh PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Ltd untuk menangani masalah distribusi, baik ke pengecer seperti : swalayan, mall, toko, kios yang tidak ada kaitannya dengan PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Ltd mereka berhubungan langsung dengan agen, ketiga Konsumen akhir yang mengkonsumsi produk PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Ltd. Hasil yang diperoleh dan perhitungan regresi dan korelasi didapat koofisien regresi sebesar 1729.812 artinya setiap penambahan 1 unit saluran distrubisi maka makin mempengaruhi omzet penjualan sebesar Rp.172.981.200. Sedangkan koofisien korelasi atau (r) sebesar 0,915 artinya hubungan saluran distribusi terhadap omzet penjualan cukup kuat. Sedangkan koofisien determinasi atau R square (r2) sebesar 0,837 yang artinya omzet penjualan 83% dipengaruhi oleh saluran distribusi dan sisanya 17% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut, sebaiknya perusahaan menambah jumlah saluran distribusi untuk meningkatkan omzet penjualan.