Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ika Aprianti Karmilah 01340205040 PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BPRS AMANAH UMMAH BOGOR. Skripsi Program Strata satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap perkembangan jumlah nasabah pada PT. BPRS Amanah Ummah, Bogor. Variabel yang diteliti adalah "bauran promosi" sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah jumlah nasabah". Data diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan karyawan perusahaan dan observasi langsung keperusahaan. Kegiatan promosi dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan maksud agar masyarakat mau membeli produk-produk yang dipromosikan tersebut. Begin' pula kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT.BPRS Amanah Ummah, Bogor bertujuan untuk mempengaruhi nasabah agar mau membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT.BPRS Amanah Ummah, Bogor rnelalui 4 elemen dasar bauran promosi, yaitu: Pertama periklanan dengan cara menginformasikan melalui brosur dan spanduk. Kedua, promosi penjualan yakni dengan cara memberikan hadiah-hadiah langsung berupa souvenir-souvenir dan cinderamata. Ketiga publisitas dengan cara pemberian sponsorshif dan acara seminar dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan islam. Keempat, penjualan secara pribadi dengan cara menerima audensi tentang BPRS Amanah Ummah ke masyarakat, serta memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Hasil yang diperoleh dari perhitungan regresi dan korelasi didapat koefisien regresi sebesar 0.084 artinya setiap kenaikan frekuensi bauran promosi satu kali maka akan mempengaruhi jumlah nasabah sebesar 0.84 %. Sedangkan koefisien korelasi (r) sebesar 0.643 artinya pengaruh bauran promosi terhadap jumlah nasabah cult-up kuat, sedangkan koefisien determinasi atau R squer (r`) sebesar 0.413 yang artinya jumlah nasabah 41 % dipengaruhi oleh bauran promosi dan sisanya 59 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan melihat basil yang diperoleh dari perhitungan tersebut, sebaiknya kegiatan bauran promosi perlu diperhatikan dan dikaji kembali serta frekuansinya lebih ditingkatkan lagi dan dilaksanakan secara kontinyu.