Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing Dan
Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Sepatu Converse Pada
Mahasiswa Feb Universitas Prof. DR. HAMKA. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teori Manajemen Pemasaran yang berhubungan dengan sosial
media marketing dan e-word of mouth. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan
jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah
155 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier
berganda dengan melakukan uji T dan uji F.
Hasil penelitian dengan menggunakan software SPSS 20.0 menunjukan bahwa
1). Sosial Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial
terhadap Minat Beli. 2). E-Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap Minat Beli. 3).Sosial Media Marketing dan E-Word Of
Mouth berpengaruh secara simultan terhadap Minat Beli. Karena nilai t hitung
sosial media marketing (5,923) lebih besar dari t tabel (1,975) dan e-word of
mouth (4,480) lebih besar dari t tabel (1,975) dan f hitung variabel independen
(97,157) lebih besar dari f tabel (3,06). Nilai koefisien determinasi (Adjusted R)2
diperoleh nilai sebesar 55,5% menunjukan bahwa kontribusi pengaruh sosial
media marketing dan e-word of mouth secara bersama-sama dapat
mempengaruhi minat beli. Sedangkan sisanya sebesar 44,5% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain diluar penelitian.
|