Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity
endorsement dan jingle dalam iklan terhadap keputusan pembelian. Sumber data
penelitian yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari sampel berjumlah
80 responden dan data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku atau literature
yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengambilan sampel dalam
penelitian ini yaitu dengan metode purposive sampling dengan sampel uji coba
sebanyak 80 sampel. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien
korelasi parsial, analisis koefisien korelasi berganda dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial celebrity endorsement berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan menggunakan SPSS 22,0 dengan nilai thitung 3,425 > ttabel 1,665.
Untuk variabel jingle dalam iklan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian karena thitung sebesar 4,652 > ttabel 1,665.
Sedangkan secara simultan variabel celebrity endorsement dan jingle dalam iklan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai
Fhitung 26,860 > F tabel 3,114.
|