Variabel dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social
responsibility (X1), persistensi laba (X2), risiko sistematis (X3), ukuran perusahaan
(X4), dan earnings response coefficient (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah
perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Teknik pemilihan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 9 (sembilan) perusahaan
sebagai sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda
Penelitian dihitung dan dianalisis dengan bantuan software SPPS Versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model regresi linear berganda adalah Y = -
0.193 – 0.259X1 + 0.239X2 + 0.003X3 + 0.009X4 + e. Hasil uji t menunjukan secara
parsial nilai signifikansi Variabel Pengungkapan Corporate Social Responsibility
(X1) sebesar 0.004 < 0.05, Persistensi Laba (X2) sebesar 0.001 < 0.05, Risiko
Sistematis (X3) sebesar 0.237 < 0.05, Ukuran Perusahaan (X4) sebesar 0.041 < 0.05,
yang berarti hanya satu variabel X3 yang tidak berpengaruh signifikan terhadap
Earnings Response Coefficient. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai signifikansi
sebesar 0.001 < 0.05 yang berarti secara simultan variabel Pengungkapan
|