Abstrak  Kembali
Variabel dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility (X1), persistensi laba (X2), risiko sistematis (X3), ukuran perusahaan (X4), dan earnings response coefficient (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 9 (sembilan) perusahaan sebagai sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda Penelitian dihitung dan dianalisis dengan bantuan software SPPS Versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa model regresi linear berganda adalah Y = - 0.193 – 0.259X1 + 0.239X2 + 0.003X3 + 0.009X4 + e. Hasil uji t menunjukan secara parsial nilai signifikansi Variabel Pengungkapan Corporate Social Responsibility (X1) sebesar 0.004 < 0.05, Persistensi Laba (X2) sebesar 0.001 < 0.05, Risiko Sistematis (X3) sebesar 0.237 < 0.05, Ukuran Perusahaan (X4) sebesar 0.041 < 0.05, yang berarti hanya satu variabel X3 yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05 yang berarti secara simultan variabel Pengungkapan