Abstrak  Kembali
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah ukuran perusahaan, growth dan media exposure sebagai variabel independen dan pengungkapan CSR sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 25 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan probability sampling. Metode penelitian menggunakan metode eksplanasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 26.0 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = – 103,137 + 4,896 X1 + 0,030 X2 + 10,751 X3 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas berdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi atau model regresi BLUE. Hasil pengujian melalui uji t secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil pengujian variabel growth tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,693 > 0,05, dan hasil pengujian variabel media