Abstrak  Kembali
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak dengan proksi Effective Tax Rate (ETR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan tahun penelitian 2014-2019 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekplanasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS 24 dan menghasilkan persamaan regresi Y = 24,210 – 0,054 X1 – 0,003 X2 + 0,060 X3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan 0,235 < 0,05. Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan 0,921 > 0,05 dan leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Variabel Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikan